Berbagai jenis penyakit bisa menyerang siapa saja, tidak memandang pria atau wanita. Namun dalam beberapa kasus kesehatan, wanita mempunyai problem tersendiri, di mana beberapa jenis penyakit sangat erat kaitannya dengan kaum hawa. Di antara beberapa penyakit yang seringkali ditemukan menyerang wanita, miom dan kista adalah penyakit yang cukup ditakuti. Bukan tanpa alasan, meskipun pada tingkat tertentu kista dan miom bersifat jinak, namun keduanya berpengaruh pada reproduksi wanita.

Meskipun sama-sama menganggu sistem reproduksi wanita, namun miom dan kista adalah dua jenis penyakit yang berbeda. ”Miom adalah tumor jinak dari otot uterus atau rahim, sedangkan kista adalah benjolan di ovarium atau indung telur. Kedua penyakit wanita tersebut mayoritas berkembang setelah menarche (menstruasi pertama) dan berkurang setelah menopause,” jelas dr. Kathleen Juanita Gunawan Soenario, SpOG.

Foto: flaticon

Sebagian besar miom tidak memperlihatkan gejala, tetapi gejala yang paling sering adalah menstruasi yang banyak dan lama, sering buang air kecil (BAK), tidak dapat menahan BAK, sulit buang air besar, perut bawah terasa tidak nyaman, nyeri saat haid, nyeri saat berhubungan seksual, infertilitas, dan keguguran. Sedangkan pada kista, gejala terlihat seperti nyeri haid yang hebat dan tiba-tiba, rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, perut membesar, sulit makan, dan gangguan menstruasi.

Tatalaksana pada miom meliputi observasi, embolisasi arteri uterina, dan pengangkatan miom atau seluruh rahim, sedangkan tatalaksana pada kista meliputi pengangkatan observasi dan pengangkatan kista atau seluruh ovarium bergantung pada ukuran kista, usia penderita, dan penemuan saat operasi.

Kunci utama mencegah miom dan kista adalah hidup sehat dengan menerapkan pola makan sehat. Kemudian yang tidak kalah penting yaitu lakukan skrining minimal setahun sekali bagi wanita yang sudah melakukan hubungan seksual, serta pemeriksaan ultrasonografi untuk melihat rahim dan indung telur. Semakin dini terdeteksi, semakin baik loh Medika Friends.