Sejak beberapa tahun belakangan infused water menjadi minuman yang cukup populer di tengah masyarakat. Hingga saat ini pun masih banyak yang menjadikan infused water sebagai pelepas dahaga, sekaligus untuk menyiasati agar tubuh tetap bugar.

Infused water pada dasarnya adalah air putih yang diberi tambahan potongan buah-buahan, sayuran, dan rempah sehingga memiliki sifat basa bagi tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan”. Kira-kira begitulah yang dikatakan seorang nutritionist, Pravita Ulfa, S.Gz, M.KM.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa infused water bukan melulu tentang buah, tetapi dapat dicampur dengan sayuran dan rempah-rempah. Infused water yang dicampur dengan sayuran dan rempah-rempah memiliki sifat basa yang lebih baik, dibandingkan infused water yang dibuat dengan buah.

Rempah-rempah yang dapat digunakan antara lain adalah jahe, kayu manis, dan cengkeh. Sedangkan dedaunan atau sayur-sayuran yang digunakan adalah seledri, kemangi, mint, serai, bayam, kangkung, sawi, toge, dan sayur-sayuran lainnya. Sementara buah-buahan yang dipilih adalah buah dengan cita rasa masam untuk menghasilkan efek segar serta mengandung kadar vitamin C tinggi dan bersifat basa seperti apel, jeruk, anggur, nanas, kiwi, strawberry, lemon dan buah-buahan lainnya.

Foto: pixabay

Membuat infused water tidaklah sulit. Medika Friends bisa menyiapkannya sendiri di rumah atau di kantor dari satu atau beberapa jenis buah-buahan yang dapat dipilih. Untuk membuat racikan infused water, pertama-tama masukkan irisan buah-buahan atau sayur-sayuran ke dalam air putih dingin. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk lemon pada campuran air, sayur, dan buah yang akan didiamkan dalam lemari pendingin. Selanjutnya diamkan selama beberapa jam dalam wadah tertutup sampai sari buahnya keluar dan air sudah berasa buah.

Infused water terasa sangat segar karena pendinginan dan rasa buah yang bercampur dengan air putih. Selain mendapatkan kesegaran air putih dengan rasa buah, Medika Friends juga bisa mendapatkan manfaat dari khasiat buah-buahan yang digunakan. Pravita mengatakan, satu ukuran yang paling penting untuk kesehatan adalah tingkat pH dalam darah dan jaringan, seberapa asam atau basa.

Infused water merupakan salah satu upaya untuk menciptakan keseimbangan basa yang sesuai dalam tubuh. Setidaknya ada 70 sampai 80 persen dari pola makan kita adalah makanan basa, seperti sayuran hijau. Jika keseimbangan basa dalam tubuh terpenuhi , maka sistem yang ada dalam tubuh akan bekerja dengan baik.

Beberapa manfaat infused water di antaranya adalah :

–           Meningkatkan daya tahan tubuh

–           Membuat tubuh lebih bugar dan segar

–           Menjaga kesehatan saluran pencernaan

–           Mencegah dehidrasi.

–           Membantu proses detoksifikasi

–           Menciptakan berat badan ideal

–           Menurunkan kadar kolesterol

Selain itu, infused water juga dapat memengaruhi pada kecerahan kulit dan berat badan yang ideal. Jadi, untuk Medika Friends yang sedang mengonsumsi infused water, tetaplah rutin meminumnya pada pagi dan malam hari. Sedangkan yang baru ingin mencoba, rasakan khasiat dari infused water, dan kamu akan merasakan keajaibannya.