Medika Friends pasti sudah mengetahui pengertian hipertensi atau tekanan darah tinggi, yaitu gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal, yakni melebihi 140 / 90 mmHg.

Bagi sebagian orang, mengecek secara rutin tekanan darah memang belum dianggap sesuatu yang penting. Bahkan bisa dikatakan masih banyak yang cuek dan cenderung tidak peduli. Namun tahukah Friends? Rutin memerikasa tekanan darah ternyata mampu mencegah diri dari intaian the silent killer.

Seperti yang diterangkan oleh dr. Tunggul D. Situmorang, Sp.PD- KGH, hipertensi adalah faktor yang lebih berperan pada wanita dibandingkan pada pria. Pada studi Chapman dan Neal tahun 2001 didapati bahwa pengobatan pada hipertensi dapat mengurangi terjadinya gagal jantung hingga 50%.

Foto: freepik

“Oleh karena itu, sebaiknya wanita terlebih orang yang Anda sayang harus memperhatikan Target Tekanan Darah (TD) yang harus mereka capai. Penderita hipertensi sering tidak mengalami gejala-gejala atau keluhan padahal sudah merusak organ-organ vital sehingga penyakit ini disebut sebagai the silent killer,” terangnya dr. Tunggal

The silent killer tersebut bisa terjadi pada pada beberapa organ dalam manusia dan sangat vital bila terjadi kerusakan. “Dari kasus dan data yang sering terjadi kurang lebih 40% kasus stroke, 39% infark jantung dan 28% gagal ginjal tiap akhir, yang disebabkan oleh hipertensi. Jika hipertensi tidak ditangani dengan baik, selain berakibat fatal pada jantung, otak dan ginjal, maka hipertensi akan menimbulkan komplikasi dan beban biaya yang besar seperti cuci darah dll,” tutup dr. Tunggul D. Situmorang, Sp.PD- KGH