Saat ini tren hidup sehat semakin digandrungi masyarakat, terutama di ibukota. Bukan tanpa alasan, angka penderita penyakit tidak menular semakin meningkat, yang notabene terkait erat dengan pola hidup yang tidak sehat.

Kesadaran akan hidup sehat semakin terlihat salah satunya pada banyaknya orang melakukan olahraga. Bahkan variasi olahraga baru terus bermunculan di Indonesia, sehingga tidak terasa bosan dengan aktivitas fisik yang itu-itu saja.

Salah satu jenis workout yang masih terbilang baru di Indonesia dan cukup banyak peminatnya adalah Pound Fit.

Foto: koleksi pribadi/instagram

Dikatakan Sistya Windasari, Pound Fit merupakan cardio work out yang menggabungkan antara cardio dan pilates. Namun yang unik adalah olahraga ini dibantu dengan alat yang bernama ripstix, yaitu stik yang bentuknya seperti stik drum dan terbuat dari plastik, dengan berat sekitar 113 gram.

Sama seperti olahraga lain, Pound Fit pada dasarnya juga dimulai dengan pemanasan, dilanjutkan dengan inti, kemudian ditutup dengan cooling down atau pendinginan. Sedangkan setiap sesinya dilakukan selama 45 menit.

“Dalam satu sesi itu bisa membakar kalori lumayan banyak, yaitu 600-900 kalori dalam sekali work out,” terang wanita yang akrab disapa Tya ini.

Lebih lanjut Tya menjelaskan Pound Fit mempunyai tiga sesi gerakan, yang pertama adalah squats, lunges, serta floor exercise, dimana banyak bermanfaat untuk lower body seperti paha, perut, dan kaki.

Foto: koleksi pribadi/instagram

Manfaat lain yang pasti didapatkan dari Pound Fit adalah tubuh akan lebih sehat. Kemudian bisa meningkatkan VO2 max, yaitu volume maksimal oksigen yang diproses manusia saat melakukan kegiatan intensif. Menguatkan otot-otot muscle, mulai dari tangan, perut, hingga kaki karena semua ikut bergerak.

“Selain itu juga memperlancar peredaran darah, serta meningkatkan fleksibilitas,” kata Tya.

Tya juga mengatakan, setiap orang harus memperhatikan diri sendiri, dengan kata lain kita harus tahu keadaan badan kita masing-masing. “Jadi kalau bergerak jangan dipaksakan, dan kalau ada yang sakit walaupun sedikit jangan dipaksakan. Ikuti instruksi dari instruktur, perhatikan, dan rasakan gerakannya,” ujar Tya. “Yang penting senyamannya,” lanjutnya. Hal ini dimaksudkan agar mencegah terjadinya cedera pada saat melakukan Pound Fit.

“Sebenarnya semua olahraga, bukan hanya Pound Fit, pasti punya risiko cedera,” kata Tya.

Pound Fit pada dasarnya bisa dilakukan oleh siapapun yang ingin mencoba, tidak ada batasan umur untuk melakukannya. Jadi tidak perlu khawatir, karena Pound Fit memberikan manfaat yang bagus untuk kamu.