Tidak dapat dipungkiri, wanita pada era modern seperti saat ini memiliki peranan yang telah bergeser menjadi lebih aktif, bukan hanya fokus pada satu kegiatan melainkan melakukan kegiatan multi-fungsi dan multi-peran. Sehingga wanita lebih dituntut untuk selalu menjaga kesehatan dan penampilan, serta tampil percaya diri setiap saat. Namun ada satu hal yang sering dilupakan oleh para wanita, yaitu memberikan asupan yang tepat untuk kulit agar tetap sehat dan memperbaiki tampilan kulit yang bermasalah.

Foto: freepik

Dikatakan dr. Febby Karina Panjaitan, Anti Aging Medicine, kulit merupakan area terluar dan paling besar dari tubuh manusia. Dimana fungsinya antara lain adalah proteksi, untuk merasakan rangsangan nyeri, panas, dingin, kemudian fungsi penyerapan, sebagai hidrasi, juga untuk ekskresi atau pengeluaran keringat, alat pernapasan, dan detoksifikasi.

Sedangkan untuk mengetahui kulit yang sehat dapat dilihat dari tanda-tandanya seperti warna yang konsisten, tekstur lembut, hidrasi yang baik, dapat merasakan sensasi dari rangsangan yang didapat.

Tak dapat dipungkiri bahwa di kota besar seperti Jakarta ini banyak yang memicu munculnya masalah pada kulit. Lebih lanjut dr. Febby mengatakan bahwa masalah yang kerap terjadi pada kulit biasanya adalah jerawat, yang timbul akibat produksi kelenjar minyak yang berlebih atau faktor hormonal. “Banyak yang tidak sabar ingin cepat-cepat hilangkan jerawat, terus mencet-mencet. Padahal dengan intervensi terhadap jerawat bisa menimbulkan scar,” terang dr. Febby. Masalah lain adalah stretch marks, kulit dehidrasi, proses aging, serta kulit yang berbeda warna.

Foto: freepik

dr. Febby melanjutkan, untuk mencegah timbulnya permasalahan kulit, maka kita harus mempersiapkannya sedini mungkin. Yakni dengan merawat diri dengan baik dan melakukan perawatan secara benar. Tips daily skin care agar kulit selalu sehat seperti dikatakan dr. Febby adalah :

  1. Membersihkan kulit secara teratur, dua kali sehari.
  2. Exfoliate sekali seminggu, untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
  3. Gunakan toner kulit sebagai penyegar, dapat ditambahkan madu atau vitamin lainnya.
  4. Minum air putih yang cukup.
  5. Proteksi kulit dengan sunblock.

Lantas, apakah Medika Friends sudah melakukan perawatan yang tepat untuk kulit?