Rambut akan terlihat semakin indah jika tampak halus, tidak kusam, dan mudah diatur. Namun tak jarang masalah ‘rambut singa’ bisa membuat penampilan tidak maksimal, hingga mood turun dan mengacaukan semua rencana, atau sering kali disebut menjadi bad hair day.

Rambut kusut terutama dialami oleh mereka yang memiliki rambut panjang dan cenderung tebal. Penyebab rambut kusut dapat disebabkan oleh kebiasaan yang secara tidak sadar dilakukan, atau hal-hal alami lain. Seperti dikatakan dr. Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari FKUI/RSCM, seseorang mengalami masalah rambut kusut karena pelumas alami rambut yaitu minyak (sebum) yang diproduksi kelenjar minyak yang berada di pangkal rambut tidak dapat melumasi rambut dengan baik. Sebum ini seharusnya dapat melumasi seluruh batang rambut agar rambut menjadi lentur, tidak getas dan tidak licin.

Foto: freepik

Ada beberapa sebab produksi sebum berkurang, antara lain :

  1. Rambut terlalu panjang. Karena sebum diproduksi di pangkal rambut, maka jika rambut terlalu panjang maka sebum atau minyak tersebut sulit untuk menjangkau bagian bawah rambut. Akibatnya, timbul masalah rambut kusut pada ujung rambut.
  2. Mengikat dan menjepit rambut terlalu kuat. Hal tersebut bisa menyebabkan permukaan pengikat rambut yang tajam dapat melukai matriks rambut sehingga bentuk rambut menjadi patah, yang selanjutnya menyebabkan gumpalan pada rambut di sekitarnya.
  3. Keramas setiap hari. Secara alami rambut memproduksi sebum dengan kadar yang berbeda-beda untuk setiap orang. Beberapa orang memiliki kadar minyak yang tinggi sehingga perlu keramas setiap hari. Namun jika rambutnya kering, dengan keramas setiap hari justru membuat rambut kusut, kusam dan gampang rontok. Karena itu sebaiknya keramas dilakukan dua hari sekali.
  4. Berenang di tempat yang terlalu banyak menggunakan zat kimia seperti kaporit. Zat kimia dapat menyebabkan rambut tidak terlumasi minyak dengan baik, sehingga rambut menjadi kesat dan mudah kusut.
  5. Terlalu banyak menggunakan zat kimia pada rambut, seperti mengecat rambut, me-blow rambut dan melakukan pelurusan rambut. Hal tersebut bisa membuat rambut menjadi kering dan bercabang sehingga rambut menjadi kusut.

Di antara penyebab-penyebab di atas, apakah ada yang sering Anda lakukan? Jika iya, mulai sekarang coba dikurangi ya, biarkan kulit kepala menghasilkan sebum alaminya.