Sadarkah Anda bahwa senyum memiliki daya magis yang akan membuat diri kita terlihat lebih menarik? Di samping juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Namun sayangnya tidak sedikit orang mengalami kemerosotan kepercayaan diri akibat susunan gigi yang tidak rapi hingga enggan untuk tersenyum.

Masalah susunan gigi tidak rapi atau merupakan salah satu kondisi maloklusi gigi. Seperti dikatakan drg. Imelda Maharani, Sp.Ort, maloklusi adalah keadaan yang menyimpang pada oklusi normal yang meliputi ketidakteraturan gigi geligi dalam lengkung rahang seperti gigi berjejal, protrusi, malposisi maupun hubungan yang tidak harmonis dengan gigi antagonisnya.

Pada umumnya maloklusi bisa disebabkan dari faktor intrinsik (faktor lokal) seperti adanya gigi yang berlebih, tidak adanya gigi, pergeseran gigi yang traumatik, dan sebagainya. Juga faktor ekstrinsik (faktor umum) yang salah satunya adalah kebiasaan buruk saat kecil, seperti menghisap ibu jari, menjulurkan lidah (tongue thrusting), bernapas melalui mulut (mouth breathing), menggigit kuku (nail biting), dan menghisap bibir (lip sucking).

Foto: pixabay

“Kebiasaan seperti mengisap jempol dan menggigit kuku bisa jadi disebabkan karena faktor psikologis di mana anak berusaha mencari kenyamanan dengan melakukan kebiasaan ini,” kata drg. Imel. “Atau akibat terjadinya sumbatan jalan napas hidung, pembesaran kelenjar tiroid dan faktor lainnya pada kebiasaan bernapas melalui mulut,” lanjutnya.

Jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi, maka yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan perawatan ortodonti, seperti :

Removable Appliance

Removable appliance atau dapat disebut juga alat ortodonti lepasan ini dapat digunakan untuk kasus sederhana tanpa diskrepsi rahang misalnya ketika satu atau dua gigi mengalami kemiringan. Alat ini dapat dilepas dan dipasang sendiri sehingga mudah dibersihkan.

Functional Appliance

Functional appliance atau alat ortodonti fungsional terbagi dalam dua jenis yaitu removable (bionator, aktivator, dan frankel appliance), serta fixed (herbst appliance, jasper jumper). Alat ini digunakan untuk menstimulasi otot-otot rongga mulut sehingga memperoleh oklusi yang stabil.

Fixed Appliance

Fixed appliance atau alat ortodonti cekat saat ini sudah banyak digunakan masyarakat sehingga sudah tidak asing lagi. Alat ini langsung direkatkan pada gigi, tidak dapat dilepas-pasang begitu saja. Dan hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis ortodonti untuk memperoleh hasil maksimal.

Foto: pixabay

Jika dibiarkan gigi yang tidak teratur, terlebih lagi jika disertai adanya kelainan bentuk muka yang disebabkan oleh adanya hubungan rahang yang tidak harmonis akan sangat mempengaruhi penampilan. Disamping itu keadaan gigi yang tidak teratur dan hubungan rahang yang tidak harmonis sangat mempengaruhi sistem pengunyahan, pencernaan serta sistem artikulasi atau pembentukan suara. Jadi sebaiknya segera hubungi dokter untuk berkonsultasi mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan agar permasalahan maloklusi tidak semakin parah.