Sadarkah Medika Friends, bahwa gigi merupakan salah satu bagian penting dari tubuh manusia? Dapat dikatakan gigi adalah cermin kesehatan manusia, sebab banyak penyakit umum yang gejala-gejalanya dapat dilihat melalui gigi serta mulut. Oleh karena itulah kebersihan gigi dan mulut harus selalu dipelihara. Begitupun dengan gigi anak, yang meskipun masih merupakan gigi susu atau gigi sulung, tetap perlu diperhatikan pertumbuhannya.

Tidak sedikit orangtua yang terkesan acuh dengan gigi anak, banyak yang belum menyadari betapa pentingnya kesehatan gigi anak mereka. Seperti dikatakan drg. Felicia Melati Sp.KGA, “Orangtua berpikir bahwa gigi sulung yang bermasalah nantinya akan diganti dengan gigi permanen. Padahal sebenarnya kesehatan gigi anak harus menjadi prioritas karena akan mempengaruhi kualitas hidup dan tumbuh kembang anak”.

Foto: pixabay

Lebih lanjut drg. Mela menerangkan, setidaknya ada 5 alasan mengapa gigi susu perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik, yaitu :

  1. Pengunyahan

Salah satu fungsi utama gigi adalah untuk mengunyah makanan. Jika anak-anak melakukan pengunyahan dengan baik maka nutrisi yang dicerna pun akan baik. Dengan begitu, pertumbuhan anak akan semakin maksimal.

  1. Menjaga Ruang

Gigi susu memiliki peranan penting dalam menjaga ruangan untuk pertumbuhan gigi tetap. Ketika gigi susu sudah tidak ada (tercabut/habis akibat adanya kerusakan) sebelum waktunya maka ada ruang kosong diantara gigi lainnya, yang menyebabkan gigi permanen tumbuh dengan posisi miring/condong dan menyebabkan maloklusi.

  1. Panduan Erupsi Gigi Permanen

Posisi dari benih gigi permanen atau gigi tetap berada di bawah gigi sulung, sehingga akar dari gigi sulung akan menuntun ketika gigi tetap mulai erupsi atau mulai tumbuh.

  1. Fonetik

Kondisi gigi yang tidak rapi dapat mengganggu fungsi bicara anak. Jika gigi banyak yang hilang tentu anak akan merasa terganggu.

  1. Estetik

Jika gigi anak sehat dan tertata rapi bukan hanya akan terlihat lebih indah, namun lebih jauh dapat memiliki dampak sosial. “Bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungannya dan juga emosionalnya yang nantinya dapat memengaruhi produktivitas anak,” ungkap drg. Mela.

Untuk itu ada baiknya membiasakan anak-anak menjaga kebersihan dan kesehatan giginya sedini mungkin. Di samping juga membawa anak secara rutin mengunjungi dokter gigi untuk sekedar berkonsultasi atau melakukan perawatan gigi yang diperlukan.