Bayi yang baru lahir hingga usia enam bulan sudah mendapatkan segala kebutuhan nutrisinya melalui ASI. Sehingga pemenuhan gizi seimbangnya sudah tercukupi hanya dari ASI eksklusif. Namun bayi yang sudah berusia enam bulan mulai membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI). Sebab kebutuhan zat gizi dan nutrisi lain sudah tidak tercukupi hanya dari ASI saja.

Seperti dikatakan dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK, prinsip gizi seimbang bagi bayi usia enam sampai 24 bulan antara lain adalah:

  1. Tidak cukup ASI saja
  2. Kebutuhan zat gizi dipengaruhi banyak hal
  3. Perlu MPASI dengan ASI tetap diberikan sampai usia dua tahun
  4. Bayi usia enam bulan diperkenalkan kepada makanan lain. Proses pemberiannya dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan tekstur yang mula-mula lumat, makanan lembek, ke makanan keluarga saat usia satu tahun
  5. Ibu memahami pola makan seimbang, pengenalan diri, dan makanan yang beraneka ragam
  6. Bertahap, bervariasi, dan jumlah makanan ditingkatkan

Dalam kesempatan yang sama, dr. Diana juga mengatakan bahwa pemberian MPASI tidak semena-mena atau sembarangan. Tetap harus memperhatikan banyak hal, terutama gizi dan nutrisi yang masuk sudah memenuhi kebutuhan bayi.

Adapun empat syarat makanan pendamping ASI adalah:

Tepat Waktu

Pemberian MPASI dilakukan mulai umur enam bulan, tidak boleh lebih cepat dan tidak boleh lebih lambat. Sebab, WHO menganggap bayi usia enam bulan ususnya sudah siap menerima sesuatu yang lebih padat. Selain itu pada bayi usia enam bulan dianggap sudah ada kesiapan, yang bias dilihat dari kemampuan oromotornya.

Bergizi

Bayi usia enam bulan sudah mulai membutuhkan lebih banyak gizi sehingga pemberian MPASI harus bergizi lengkap dan seimbang. Yakni mengandung energi, karbohidrat, protein, serta lemak, semua lengkap.

Tepat Cara Pemberian

Tekstur dan jumlah MPASI yang diberikan sesuai umur bayi. Jadi, semakin bertambah usia bayi maka semakin padat MPASI-nya, juga semakin banyak jumlahnya, dan semakin sering frekuensi pemberiannya.

Bersih

Alat-alat dan tangan yang digunakan saat mempersiapkan MPASI kadang mengalami kontaminasi silang dari bateri yang tidak mati. Sehingga penting untuk memperhatikan penyiapan MPASI yang higienis. Biasakan cuci tangan sebelum menyiapkan. Pakai peralatan makan yang bersih, hindari mencampur bahan makanan mentah dengan yang sudah matang. Kemudian, jangan lupa cuci sayur dan buah sebelm diolah.