Mengupil, atau mengambil kotoran di hidung menggunakan jari tangan, merupakan kebiasaan yang umum dilakukan siapa saja. Meskipun terbilang kegiatan yang jorok dan dianggap menjijikan, ngupil kadangkala dilakukan tanpa disadari atau biasanya ketika hidung terasa gatal.

Namun di samping itu, ternyata kebiasaan ini dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan sehingga tidak disarankan untuk dilakukan.

Dikatakan dr. S. Hendradewi, SpTHT-KL (K) MSi.Med, “Memang kita tidak merekomendasikan untuk mengorek hidung, karena akan melukai kulit-kulit hidung”. Kulit hidung itu sendiri memiliki banyak pembuluh darah, yang bila terkena tangan yang kotor justru akan membuat bakteri buruk masuk ke dalam pembuluh darah tersebut. Sehingga risiko yang akan ditimbulkan adalah infeksi.

Foto: freepik

“Jadi bisa menyebabkan mimisan, terjadi infeksi, dan yang fatalnya adalah ketika pembatas antara lubang hidung kanan dan hidung kiri, atau disebut septum, yang jika terkorek-korek atau luka akan menimbulkan yang namanya abses atau bisul,” terang dr. Hendradewi lebih lanjut.

Abses atau bisul di dalam hidung merupakan suatu kejadian emergency, karena kuman yang terdapat di dalamnya sangat merugikan sekali. Sehingga harus cepat ditangani agar kuman tidak semakin menyebar ke batas-batas hidung atau cranium yang menyebabkan sekat di sekitar hidung berlubang, dan dampaknya bisa menyebabkan saddle nose. Jika berkelanjutan, kuman-kuman akan menembus batas atas dari septum, dan terjadi radang otak.

“Apalagi kalau penderita itu juga mengalami penyakit gula, itu bisa sangat fatal lagi,” ungkap dr. Hendradewi.

Lantas, bolehkah membersihkan hidung menggunakan alternative lain seperti cotton bud?

Menurut dr. Hendradewi hal tersebut juga sebaiknya tidak dilakukan. “Cotton bud itu tidak boleh untuk telinga maupun hidung, karena akan menggosok dan melukai kulit-kulit hidung. Itu kan banyak pembuluh darah, nanti bisa infeksi dan lainnya”

Sedangkan yang paling aman dan ideal dilakukan untuk membersihkan hidung menurut dr. Hendradewi adalah dengan cuci hidung. Terutama untuk kualitas pernapasan lebih sehat dan kualitas hidung lebih baik.